Pembelajaran TIK di SD

Dewasa ini  kita  hidup di era teknologi  informasi  dan  komunikasi. Oleh  karena  itu, di  era  globalisasi  ini  kita  harus  dapat  menyesuaikan  dengan perkembangan  yang  ada  jika  tidak  ingin  ketinggalan  zaman. Kemajuan teknologi di kalangan masyarakat di tandai dengan banyaknya alat-alat elektronik seperti televisi, handphone, radio dan alat-alat elektronik lainnya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga terjadi di dunia pendidikan. Kurikulum  pendidikan  yang  memasukkan  TIK sebagai  satu  mata  pelajaran, merupakan  bukti  bahwa  kemajuan  teknologi mempengaruhi  pendidikan di Negara kita.
Teknologi komputer merupakan kemajuan teknologi yang bertaraf canggih,bahkan menjadi suatu karakteristik yang tidak bisa di abaikan dalam keseluruhan hidup modernisasi dan akselerasi dewasa ini dan masa depan jauh. Penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam pemrosesan data dan pembuatan keputusan manajerial bukan lagi sebagai kebutuhan mendesak melainkan juga menjadi keharusan mutlak bagi semua tingkat manajemen.
Saat ini komputer di gunakan di berbagai bidang,termasuk bidang pendidikan. Diperkirakan dan sudah pasti bahwa pendidikan pada masa mendatang akan lebih banyak kegiatan yang mendayagunakan komputer dalam proses pembelajaran. Keberadaan komputer juga sudah tidak asing lagi. Bagi anak-anak yang berada di kota atau sekolah di sekolah paforit dengan sarana dan prasarana yang memadai, mereka sudah mengenal komputer dan sedikitnya bisa menggunakan komputer. Namun belum tentu bagi anak yang berada di desa atau daerah-daerah yang terpencil. Karena sarana dan prasarana yang belum memadai, sehingga pengetahuan mereka lebih rendah.
Istilah teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
  1. Teknologi informasi
Secara sederhana teknologi informasi dapat dikatakan sebagai ilmu yang diperlukan untuk mengolah informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkenaan dengan proses, penggunaan berbagai alat bantu, manipulasi, dan pengolahan informasi. Ilmu itu berupa prosedur, cara cara dan teknik untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah atau menelusuri informasi secara efisien dan efektif.
     2. Teknologi komunikasi
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yaitu proses pengoperan dan penerimaan lambang lambang yang mengandung makna. Teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. Atau dengan kata lain teknologi komunikasi adalah perangkat karas yang memungkinkan individu mengumpulkan, mengolah dan saling bertukar informasi dengan individu lain.
Dengan demikian teknologi informasi berkaitan erat dengan teknologi komunikasi. Keduanya merupakan perpaduan yang tidak terpisahkan dan berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi.
Keberadaan TIK di sekolah dasar dirasakan perlu karena, seiring dengan kemajuan teknologi di masa sekarang ini anak sudah harus mulai di kenalkan dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Itu dilakukan untuk memberi bekal kepada siswa dalam menyongsong masa depan yang diperkirakan dan sudah pasti akan lebih banyak lagi penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan.
Dengan adanya TIK dalam dunia pendidikan ini adalah demi kemajuan kualitas pendidikan yang di tuntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan dunia global. Maka setelah adanya TIK di sekolah siswa di harapkan untuk dapat:
--          Mengembangkan potensi diri dalam bidang TIK.
--          Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar dan berbagai aktivitas dalam kehidupan.
--          Mengembangkan kemampuan belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
--          Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab.
Sekarang  di Indonesia TIK sudah diperkenalkan di semua jenjang pendidikan termasuk di sekolah dasar. Namun materi pembelajaran TIK di tingkat dasar tidak seperti materi pembelajaran TIK di tingkat SMP atau SMA. Materi yang diajarkan di SD hanya sebatas pengenalan dasar- dasar TIK, yang salah satunya dasar- dasar pengenalan komputer.
Dari uraian kemampuan siswa tentang komputer,  kita dapat melihat kompetensi siswa di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada siswa Sekolah Dasar masih perlu dikembangkan, baik itu dilihat dari segi pemahaman materi maupun dari segi keterampilan praktek. Oleh karena itu siswa dituntut untuk mengenal komputer walaupun keberadaan komputer di Sekolah Dasar masih jarang terutama di sekolah- sekolah  yang berada di daerah pedesaan.
Seiring dengan kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi, siswa diharapkan memiliki kemampuan di bidang TIK. Keberadaan TIK di sekolah dasar dirasakan perlu karena dengan kemajuan teknologi masa sekarang ini, anak harus diperkenalkan dengan istilah teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran TIK tidak terlepas dari penggunaan komputer. Dengan demikian siswa di tuntut untuk mengenal komputer
Namun pengamatan di lapangan masih banyak siswa yang belum mengenal komputer, bahkan belum pernah melihat komputer secara nyata. Ini terjadi pada siswa yang berada di daerah daerah terpencil. Di sekolah tidak ada fasilatas komputer, selain itu di lingkungan masyarakatnya juga masih pasif manggunakan komputer dalam kehidupannya.
Berbeda dengan anak anak yang berada di daerah perkotaan. Dimana  masyarakat sudah banyak menggunakan komputer dalam kehidupannya. Walaupun di sekolah belum ada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, banyak siswa yang sudah bisa menggunakan komputer. Mereka juga dapat menunjukan perangkat keras,mereka juga bisa menunjukan perangkat lunak komputer, walaupun sedikit.
Kompetensi lebih maju lagi pada anak yang sekolah di sekolah unggulan yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai, untuk melaksanakan pembelajaran TIK.

Komentar